Minggu, 22 April 2012

EPTSI 2012 > Tugas Kampus : Etika dan Profesionalisme TSI #1

Heri Noviyanto - 1A111223
 
Etiket Seorang Web Designer
http://www.emocutez.com

Seorang web designer adalah seseorang yang pekerjaannya menuangkan ide-ide kreatifnya ke dalam sebuah web. Seseorang yang dari waktu ke waktu semestinya bisa menghasilkan sebuah karya yang baik dan lebih baik lagi, karena saat ini sudah banyak web yang dihasilkan oleh orang-orang dari seluruh dunia, seorang web designer bisa belajar dari sana, asalkan mau belajar dan melihat dan melihat lagi, pastilah akan bisa menciptakan design yang wah sesuai dengan segmentasinya.
Seorang web designer bisa terus belajar. Misalnya saja, mempelajari sekaku apa sih design yang formal itu agar terlihat elegan atau secerah apa sih web yang bisa ditampilkan untuk segmen anak-anak dan masih banyak hal lainnya yang bisa dipelajari. Jangan sampai seorang web designer itu bekerja hanya sesuai dengan jiwanya saja, apa yang hanya menurutnya bagus saja yang boleh jadi design yang ditampilkan justru akan terlihat terlalu kekanak-kanakan, terlalu kaku, atau bahkan terlalu dinamis. Oleh karena itu sebaiknya seorang web designer itu bisa bersikap lebih fleksibel dan profesional, bukan berkarya dengan keegoisannya tetapi dengan kematangan wawasan yang bisa terus diasah asalkan ada kemauan, tetapi bagi seseorang yang mencintai pekerjaannya tentulah akan dengan serta merta mencari wawasan sebanyak mungkin didukung oleh rasa kecintaannya.
Bagi mereka yang belum mencintai pekerjaannya sebagai seorang web designer, belajarlah banyak hal, carilah wawasan sebanyak mungkin dan jadilah seorang profesional. Dengarkan apa yang diharapkan client, apa yang ingin mereka wujudkan pada tampilan web mereka. Berilah mereka kepuasaan dan boleh jadi mereka akan memuji ide-ide hebat dan original yang dituangkan.
Dengan menghasilkan sesuatu hal yang memuaskan, tentulah akan memberikan rangsangan agar lebih semangat lagi untuk menciptakan kreasi hebat yang lainnya, lain halnya jika bersikap malas dan pelit dalam menuangkan ide, hasilnya, ya terciptalah sebuah hasil karya yang katakanlah ya hanya begitu saja (tidak menarik), lalu bagaimana bisa terfikir bahwa mendesign web itu adalah pekerjaan yang menarik? bisa-bisa karya pertama adalah sebuah akhir cerita. Maka berkaryalah, kembangkan diri, dan bekerjalah dengan hati. Carilah segudang wawasan, berilah client informasi sebanyak mugkin tentang seperti apa sih design yang bagus itu, biarkan client memilih, dan kembangkanlah keinginan client tersebut dengan ide-ide kreatif yang bisa dikombinasikan ke dalam sebuah web.
Dan ingat, jangan pernah melakukan plagiat, baik itu mencontek hasil karya orang lain ataupun misalnya saja membuat sebuah design yang nyaris sama persis untuk dua buah perusahaan. Karena sebuah web itu adalah sebuah pencitraan diri.
Maka berkaryalah, jadilah seorang web designer yang profesional, tuangkanlah ide-ide cemerlang dan teruslah asah kemampuan. Semoga sukses.. good luck ! :D buat semua web designer di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar