Heri Noviyanto - 1A111223
STRUKTUR PASAR
Pasar
adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli)
dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga
akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah
yang diperdagangkan.
Struktur pasar terdiri dari :
- Pasar Persaingan Sempurna
Pengertian
pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara
permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual
sedemikian rupa banyaknya atau tidak terbatas.
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
ü Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
ü Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
ü Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
ü Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
ü Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
ü Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga).
- 2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Terdiri dari :
- Pasar Monopoli
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran
di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak
pembeli atau konsumen. Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
- hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran;
- tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
- produsen memiliki kekuatan menentukan harga; dan
- tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
Ada beberapa penyebab terjadinya pasar monopoli, di antara penyebabnya adalah sebagai berikut :
1)
Ditetapkannya Undang-undang (Monopoli Undang-undang). Atas pertimbangan
pemerintah, maka pemerintah dapat memberikan hak pada suatu perusahaan
seperti PT. Pos dan Giro, PT. PLN.
2)
Hasil pembinaan mutu dan spesifikasi yang tidak dimiliki oleh
perusahaan lain, sehingga lama kelamaan timbul kepercayaan masyarakat
untuk selalu menggunakan produk tersebut.
3)
Hasil cipta atau karya seseorang yang diberikan kepada suatu perusahaan
untuk diproduksi, yang kita kenal dengan istilah hak paten atau hak
cipta.
4)
Sumber daya alam. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan suatu produk
hanya dikuasai oleh satu daerah tertentu seperti timah dari pulau
Bangka.
5)
Modal yang besar, berarti mendukung suatu perusahaan untuk lebih
mengembangkan dan penguasaan terhadap suatu bidang usaha.
- Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
- Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
- Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
- Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
- Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.
- Pasar Duopoli
Duopoli
adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh
dua perusahaan. Contoh: Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina
dan Caltex.
- Pasar Monopolistik
Pasar
monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan
penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang
yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat
monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada
banyak penjual yang menjual produk yang sejenis. Contoh: produk sabun
yang memiliki keunggulan misalnya untuk kecantikan, kesehatan, dll.
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
- Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
- Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
- Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
- Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
- Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.
- Pasar Monopsoni
Bentuk
pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau
pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan
harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk
interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau
pembeli hanya satu perusahaan. Contoh yang ada di Indonesia seperti PT.
Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat
kereta api.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar